Skip to main content
bi checking online

BI Checking Online

BI Checking Online. Dengan adanya fasilitas ini, diharapkan memudahkan masyarakat yang ingin mengetahui riwayat pembayaran kreditnya melalui Informasi Debitur Individual (IDI) Historis.

Apa itu BI Checking

Secara sederhana, BI Checking adalah laporan riwayat kredit dan beserta status pembayaran pembayaran seseorang kepada Bank, leasing atau lembaga keuangan lainnya. Dengan adanya laporan ini, maka dapat diketahui status pembayaran seseorang apakah lancar atau memiliki tunggakan kredit.

Jika pada laporan tersebut terdapat tagihan yang belum dibayar, maka status kredit nya akan dianggap buruk. Buruknya laporan BI Checking akan mengakibatkan ditolaknya pengajuan KPR Rumah, Kredit Mobil/Motor atau pengajuan kredit-kredit lainnya.

BI Checking Online

Untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses Informasi Debitur Individual (IDI) Historis atau yang lebih dikenal masyarakat dengan BI checking, Bank indonesia mengeluarkan layanan yang disebut BI Checking Online.

BI checking Online ini bertujuan untuk memperpendek proses BI Checking. Jika sebelumnya semua proses harus dilakukan dengan mengunjungi kantor Bank Indonesia, maka dengan adanya BI Checking online ini sebagian proses bisa dilakukan secara online.

Banyak yang keliru dengan menganggap bahwa BI Checking Online ini bisa langsung mengeluarkan dan mencetak laporan IDI Historis nya. Padahal, data yang dikeluarkan dalam proses BI Checking ini hanya berupa informasi awal yang berisi ada atau tidaknya seseorang dalam database SID Bank Indonesia.

Pada akhirnya, Anda tetap harus mengambil hasil laporan BI Checking yang sebenarnya di kantor Bank Indonesia, dengan membawa bukti identitas/KTP Asli beserta hard copy informasi debitur yang didapatkan saat proses BI Checking Online.

Jika tetap harus mengambil laporannya ke BI, ngapain harus online?

Mungkin Anda termasuk kepada orang yang mengajukan pertanyaan yang sama. Meskipun begitu, dengan adanya BI Checking online sebagai tahap awal permintaan histori kredit, sebenarnya mempersingkat proses BI checking. Karena Anda hanya harus mendatangi Kantor BI hanya sekali & tidak perlu berkali-kali.

 

Cara BI Checking Online

Setelah tahu apa itu IDI historis online dan apa saja kemudahan yang diberikan, sekarang saatnya membahas bagaimana cara bi checking online.

  1. Buka halaman website resmi Bank Indonesia www.bi.go.id dan tunggu sampai halaman terbuka sepenuhnya.
  2. Pilih menu Moneter yang berada pada menu paling atas.
  3. Pada kolom sebelah kiri website, pilih menu Biro Informasi Kredit.
  4. Pilih menu Permintaan IDI Historis. Tunggu sampai halaman formulir muncul
  5. Isi formulir dengan lengkap. Pastikan data yang dimasukan benar dan valid. kemudian tekan tombol Kirim.
  6. Selanjutnya Anda hanya tinggal menunggu balasan dari Bank Indonesia.

Balasan berupa email dari Bank indonesia berisi konfirmasi apakah data yang dimasukan telah terdaftar di database Bank Indonesia.

Jika data yang dimasukan terdaftar, proses selanjutnya adalah mengambil IDI Historis langsung ke Bank Indonesia:

bank indonesia

Gerai Info Bank Indonesia
Lobby Menara Sjafruddin Prawiranegara (Gedung B)
Komplek Perkantoran Bank Indonesia
Jl. MH. Thamrin No.2 Jakarta Pusat
Waktu : Hari kerja, Pukul 08.30 s.d. 15:00 WIB (Istirahat 11:00 s.d. 13.00)
Pakaian : Sopan dan Rapi (memakai sepatu) serta Kemeja (bagi pria)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *