Skip to main content
biaya take over kpr

Biaya Take Over KPR

Biaya Take Over KPR. salah satu cara menurunkan cicilan KPR anda adalah dengan memindahkan cicilan KPR dari satu Bank ke bank yang lain. Hal tersebut lebih dikenal dengan take Over KPR. Dengan semua kelebihan nya, lantas berapakah biaya take over KPR?

Setelah mengetahui apa itu KPR Topup dan apa kelebihannya, mungkin sekarang Anda tertarik dan berfikir untuk memanfaatkan fasilitas tersebut.

Namun sebelum mengajukan Top up KPR ke Bank, sebaiknya Anda mengetahui apa saja biaya-biaya yang akan dikeluarkan untuk proses tersebut Agar anda bisa mempersiapkan dananya terlebih dahulu.

 

Biaya Take Over KPR

Saat memindahkan KPR ke bank baru, berarti Anda harus melunasi kredit KPR di bank sebelumnya. Karena melakukan pelunasan kredit KPR lebih cepat dari perjanjian, maka Anda pasti akan dikenakan denda.

Denda pelunasan ini lah yang menjadi biaya take over KPR yang pertama.

Besarnya denda karena pelunasan lebih cepat ini berbeda-beda antara satu bank dengan yang lainnya dan tergantung dari perjanjian kredit. Tapi biasanya rata-rata denda nya sebesar 1% sampai dengan 2% dari sisa pokok pinjaman (outstanding).

Untuk mengetahui berapa jumlah sisa pokok pinjaman KPR, Anda harus menghubungi Bank dimana Anda kredit pertama kali.

Sebagai gambaran, jumlah sisa pokok pinjaman akan dipengarui oleh berapa lamanya Anda telah mencicil. Jika masa kredit Anda baru berjalan beberapa tahun, hal ini berarti sisa pokok pinjaman Anda masih besar, karena bunga KPR rumah dihitung menggunakan metode perhitungan bunga anuitas.

Karena masih besarnya pokok pinjaman Anda, maka biaya denda pelunasannya pun akan besar jika dibandingkan dengan yang masa kreditnya sudah lama. Yang berarti biaya take over kpr andapun akan semakin besar.

Selain biaya denda, biaya-biaya lain yang harus dipersiapkan untuk proses take over KPR antara lain biaya appraisal, notaris, legal, dan surat-surat lainnya seperti pada proses KPR reguler. Besar biaya KPR biasanya beriksar antara 5% sampai dengan 6% dari harga rumah yang akan di KPR kan. Agar lebih lengkap, kami sarankan untuk membaca artikel mengenai cara menghitung biaya KPR dan simulasi nya di  halaman ini.

Tertarik untuk mengajukan Take Over KPR? Ajukan Take Over KPR online! Mudah & Ga Pake Ribet

Hubungi Marketing

Sarah
087777 397418

Ajukan Sekarang

Untuk mempercepat proses pengajuan, Mohon isi semua data dibawah dengan benar



Memiliki Tunggakan kredit / Masalah BI Checking?
TidakYa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *