Skip to main content
fix and cap

Fix and Cap? Inilah Pengertian dan Perhitungannya

Fix and Cap adalah gabungan antara bunga fix dan bunga cap. Agar produk kredit/KPR nya diminati konsumen, biasanya Bank menggunakan sistem ini sebagai salah promo kpr mereka.

Dengan bunga Fix and Cap, artinya selama periode fix, bunga kredit anda akan dipatok pada nilai tertentu dan tidak akan berubah selama periode tersebut.

Setelah periode fix berakhir, selanjutnya akan digunakan bunga cap. Selama periode bunga cap, suku bunga bisa naik dan bisa juga turun seperti pada bunga floating. Namun dalam bunga cap, nilai suku bunga dibatasi pada nilai maksimal tertentu.

Setelah periode fix and cap berakhir, maka perhitungan bunga kredit/kpr akan kembali menjadi perhitungan standar, yaitu perhitungan bunga floating.

Fix and Cap Bagaimana Perhitungannya?

Contoh perhitungan bunga fix and cap adalah seperti Pada program kpr bca 2017, dimana salah satu promo yang ditawarkan adalah KPR BCA Fix and Cap 6 Tahun.

Promo kpr bca ini menawarkan bunga fix 3 tahun dan bunga cap 3 tahun. Jadi selama 6 tahun pertama masa kredit/KPR, Anda tidak perlu khawatir dengan kenaikan suku  bunga Bank Indonesia.

Bunga KPR BCA pada 3 tahun pertama akan dipatok pada angka 7,99%. artinya selama tiga tahun, cicilan KPR Rumah anda tidak akan mengalami kenaikan.

Sedangkan pada tahun ke 4 sampai dengan tahun ke 6, bunga KPR Rumah Anda akan dibatasi nilai maksimalnya yaitu sebesar 8,99%

Setelah tahun program berakhir, cicilan bulanan di tahun ketujuh dan seterusnya akan mengikuti suku bunga yang berlaku.

images: BCA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *