Skip to main content
bunga fix

Pengertian Bunga Fix

Bunga Fix adalah salah satu metode perhitungan bunga Bank untuk kredit KPR Rumah, ruko, apartemen dan properti-properti lainnya.

Cicilan Bunga Fixed bersifat tetap dan cicilan rumah tidak akan berubah  sampai waktu kredit berakhir. Tidak seperti bunga floating, suku bunga ini tidak dipengaruhi oleh kenaikan atau penurunan suku bunga Bank Indonesia.

Contoh perhitungan bunga fix misalnya cicilan rumah tahun pertama sebesar 1 juta rupiah, makan cicilan tersebut akan tetap sebesar 1 juta rupiah sampai periode cicilan berakhir. Tidak perduli berapapun kenaikan suku bunga bank Indonesia.

KPR Bunga tetap ini biasanya diberikan oleh Bank-bank yang berbasis syariah seperti Bank Muamalat, Bank BNI SyariahBank Syariah Mandiri dan bank-bank syariah lainnya.

Cicilan KPR Fix di bank konvensional biasanya hanya berupa promo KPR. Seperti KPR Bank yang memberikan promo cicilan KPR fix 3 tahun atau promo cicilan kpr fix 5 tahun. setelah masa promo KPR fix berakhir, metode perhiungan nya akan kembali menjadi perhitungan bunga KPR floating sampai dengan masa cicilan KPR berakhir.

Kelebihan Bunga Fix

Kelebihan dari perhitungan bunga fix bagi Anda sebagai konsumen adalah kepastian jumlah cicilan. Artinya jumlah cicilan perbulan akan tetap sama sejak bulan pertama Anda mencicil dan tidak akan berubah sampai dengan cicilan berakhir.

Hal lain yang menjadi kelebihan bunga fix adalah tidak adanya biaya penalti ataupun biaya administrasi (provisi) jika konsumen melakukan pelunasan lebih cepat.

Kelemahan Bunga Fix

Sedangkan kelemahan dari sistem bunga fixed terjadi jika Bank Indonesia menurunkan suku bunga perbankan. Jika KPR Rumah dengan bunga floating akan menurunkan cicilan saat terjadi penurunan suku bunga Bank Indonesia, maka KPR dengan sistem bunga fixed, tidak akan turun.

Selain hal diatas, kelemahan lain dari sistem ini adalah seringkali jumlah atau nilai cicilan perbulannya lebih tinggi jika dibandingkan dengan perhitungan bunga floating.

image credit: freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *