Skip to main content
BI checking

Pertanyaan & Jawaban Seputar BI Checking

BI Checking

Pertanyaan & Jawaban seputar permasalahan BI Checking

Bi Checking adalah laporan dari Bank Indonesia yang berisi daftar pinjaman beserta status pembayaran kredit (lancar atau nunggak)kepada bank atau lembaga keuangan lainnya.
Biaya BI Checking adalah Gratis selama Anda datang dan mengurus sendiri proses BI checking tersebut
Umumnya proses KPR melalui Bank harus melewati proses BI Checking. Namun jika ingin KPR Rumah Tanpa BI Checking, bisa kredit di Perumahan Syariah
Selengkapnya bisa dibaca disini
Ada cicilan yang belum dibayar atau telat bayar cicilan kredit (rumah, motor, mobil, kartu kredit dll
Data dipinjam orang lain. data disalahgunakan orang lain
Black list hanyalah istilah yang digunakan masyarakat umum (dan collector). Yang benar adalah status Kolektibilitas Kredit
Kolektibilitas kredit adalah status kredit atau kategori yang dikeluarkan Bank Indonesia yang berfungsi untuk mengetahui kualitas kredit nasabah atau badan usaha
  • Kolektibilitas 1 Lancar : tidak terdapat tunggakan pembayaran pokok dan/atau bunga.
  • Kolektibilitas 2 Dalam Perhatian Khusus : apabila terdapat tunggakan pembayaran pokok dan/atau bunga sampai dengan 90 hari.
  • Kolektibilitas 3 Kurang Lancar: terdapat tunggakan pembayaran pokok dan/atau bunga sampai dengan 120 hari.
  • Kolektibilitas 4 Diragukan: terdapat tunggakan pembayaran pokok dan atau bunga sampai dengan 180 hari.
  • Kolektibilitas 5 Macet: terdapat tunggakan pembayaran pokok dan/atau bunga di atas 180 hari.
Setelah nasabah tersebut tak punya kewajiban terhadap bank yang bersangkutan dan bank yang bersangkutan kemudian melaporkan ke BI bahwa nasabah yang bermasalah tersebut sudah menyelesaikan kewajibannya, maka dia akan pulih kembali dalam 24 bulan terhitung dari akhir pembayaran kredit,”
Angiola Harry
staf Divisi Komunikasi Publik Bank Indonesia
CekAja.com
Caraiaya BI Checking online bisa dibaca disini
Setelah nasabah tersebut tak punya kewajiban terhadap bank yang bersangkutan dan bank yang bersangkutan kemudian melaporkan ke BI bahwa nasabah yang bermasalah tersebut sudah menyelesaikan kewajibannya, maka dia akan pulih kembali dalam 24 bulan terhitung dari akhir pembayaran kredit,”
Angiola Harry
staf Divisi Komunikasi Publik Bank Indonesia
CekAja.com
Bayar tagihan kredit tepat waktu. Tidak ada tunggakan kredit yang belum dibayar
“Setelah nasabah tersebut tak punya kewajiban terhadap bank yang bersangkutan dan bank yang bersangkutan kemudian melaporkan ke BI bahwa nasabah yang bermasalah tersebut sudah menyelesaikan kewajibannya, maka dia akan pulih kembali dalam 24 bulan terhitung dari akhir pembayaran kredit,”
Angiola Harry
staf Divisi Komunikasi Publik Bank Indonesia
CekAja.com
Bayar tagihan tepat waktu. lunasi cicilan kredit yang masih menunggak & tunggu sampai dengan 24 buLan
Catatan BI Checking akan “dihapus” setelah 24 bulan.
Web resmi Bank Indonesia adalah http://www.bi.go.id
Seluruh Bank penyedia jasa KPR biasanya mewajibkan proses  BI Checking
Tidak ada cara yang legal secara hukum untu mengakali BI Checking
Jasa membersihkan BI Checking bisa dilihat di halaman ini
Jika bisa membaca tulisan ini, berarti anda bisa membaca BI Checking 😛

Punya pertanyaan lain seputar BI Checking? Tanyakan kolom komentar di bawah.

bi checking online

BI Checking Online

BI Checking Online. Dengan adanya fasilitas ini, diharapkan memudahkan masyarakat yang ingin mengetahui riwayat pembayaran kreditnya melalui Informasi Debitur Individual (IDI) Historis.

Apa itu BI Checking

Secara sederhana, BI Checking adalah laporan riwayat kredit dan beserta status pembayaran pembayaran seseorang kepada Bank, leasing atau lembaga keuangan lainnya. Dengan adanya laporan ini, maka dapat diketahui status pembayaran seseorang apakah lancar atau memiliki tunggakan kredit.

Jika pada laporan tersebut terdapat tagihan yang belum dibayar, maka status kredit nya akan dianggap buruk. Buruknya laporan BI Checking akan mengakibatkan ditolaknya pengajuan KPR Rumah, Kredit Mobil/Motor atau pengajuan kredit-kredit lainnya.

BI Checking Online

Untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses Informasi Debitur Individual (IDI) Historis atau yang lebih dikenal masyarakat dengan BI checking, Bank indonesia mengeluarkan layanan yang disebut BI Checking Online.

BI checking Online ini bertujuan untuk memperpendek proses BI Checking. Jika sebelumnya semua proses harus dilakukan dengan mengunjungi kantor Bank Indonesia, maka dengan adanya BI Checking online ini sebagian proses bisa dilakukan secara online.

Banyak yang keliru dengan menganggap bahwa BI Checking Online ini bisa langsung mengeluarkan dan mencetak laporan IDI Historis nya. Padahal, data yang dikeluarkan dalam proses BI Checking ini hanya berupa informasi awal yang berisi ada atau tidaknya seseorang dalam database SID Bank Indonesia.

Pada akhirnya, Anda tetap harus mengambil hasil laporan BI Checking yang sebenarnya di kantor Bank Indonesia, dengan membawa bukti identitas/KTP Asli beserta hard copy informasi debitur yang didapatkan saat proses BI Checking Online.

Jika tetap harus mengambil laporannya ke BI, ngapain harus online?

Mungkin Anda termasuk kepada orang yang mengajukan pertanyaan yang sama. Meskipun begitu, dengan adanya BI Checking online sebagai tahap awal permintaan histori kredit, sebenarnya mempersingkat proses BI checking. Karena Anda hanya harus mendatangi Kantor BI hanya sekali & tidak perlu berkali-kali.

 

Cara BI Checking Online

Setelah tahu apa itu IDI historis online dan apa saja kemudahan yang diberikan, sekarang saatnya membahas bagaimana cara bi checking online.

  1. Buka halaman website resmi Bank Indonesia www.bi.go.id dan tunggu sampai halaman terbuka sepenuhnya.
  2. Pilih menu Moneter yang berada pada menu paling atas.
  3. Pada kolom sebelah kiri website, pilih menu Biro Informasi Kredit.
  4. Pilih menu Permintaan IDI Historis. Tunggu sampai halaman formulir muncul
  5. Isi formulir dengan lengkap. Pastikan data yang dimasukan benar dan valid. kemudian tekan tombol Kirim.
  6. Selanjutnya Anda hanya tinggal menunggu balasan dari Bank Indonesia.

Balasan berupa email dari Bank indonesia berisi konfirmasi apakah data yang dimasukan telah terdaftar di database Bank Indonesia.

Jika data yang dimasukan terdaftar, proses selanjutnya adalah mengambil IDI Historis langsung ke Bank Indonesia:

bank indonesia

Gerai Info Bank Indonesia
Lobby Menara Sjafruddin Prawiranegara (Gedung B)
Komplek Perkantoran Bank Indonesia
Jl. MH. Thamrin No.2 Jakarta Pusat
Waktu : Hari kerja, Pukul 08.30 s.d. 15:00 WIB (Istirahat 11:00 s.d. 13.00)
Pakaian : Sopan dan Rapi (memakai sepatu) serta Kemeja (bagi pria)

 

tanpa bi checkig

Kredit Rumah Tanpa BI Checking. Bisakah?

Tanpa BI Checking! Keiginan untuk memiliki rumah melalui KPR memang bukan hal yang mudah. Banyak sekali proses yang harus dilewati. Proses yang seringkali menjadi kendala salah satunya adalah proses BI checking, karena pengajuan KPR dipastikan akan ditolak jika proses BI checking Gagal.

Lantas, adakah cara agar bisa KPR Rumah tanpa melalui Bank, Tanpa Bunga, tanpa denda dan tanpa BI Checking? Tentu saja Ada. Jawabannya adalah dengan kredit di perumahan Syariah.

Tanpa BI Checking Bisa Kredit Rumah

Penting untuk diketahui bahwa perumahan syariah berbeda dengan KPR melalui Bank Syariah, karena proses kredit perumahan syariah sama sekali tidak menggunakan Bank untuk proses KPR nya.

Pada proses KPR melalui Bank Syariah, Anda membeli rumah kepada developer. Kemudian Bank Syariah akan membiayai pembelian rumah tersebut dan anda akan mencicil pembayaranya kepada pihak Bank. Artinya, pada proses KPR bank syariah ada dua pihak yang dilibatkan yaitu Bank dan developer. Berita buruk bagi yang BI checkingnya bermasalah.

Sedangkan pada proses KPR perumahan syariah, Anda hanya akan berurusan dengan pihak developer saja, tanpa ada campur tangan Bank sama sekali.

Lantas jika tidak melalui Bank, kepada siapa Anda mencicil?

Pada perumahan yang benar-benar menerapkan cara syariah, smua proses mulai dari pembangunan, penjualan, promosi sampai dengan pembiayaan harus mengikuti syariat Islam.

Karena itulah jika kredit di perumahan syariah, anda mencicil rumah kepada developer itu sendiri. Karena secara syariah, KPR melalui bank merupakan transaksi Riba yang dilarang secara syariat.

Tapi walaupun tanpa BI Checking, kita tetap harus beritikad baik kepada developer perumahan. Jangan sampai kredit rumah tanpa BI Checking ini Anda salah gunakan dan menjadi kreditor Nakal.

Gunakanlah kepercayaan yang developer berikan kepada anda dengan membayar cicilan tepat waktu dan tidak bermasalah dalam pembayaran.

Bagi Anda yang berminat untuk kredit di Perumahan Syariah? berikut adalah daftar perumahan syariah yang berada di area Jabodetabek.

Perumahan syariah ini tentu saja TANPA BUNGA, TANPA RIBA & TANPA SITA.