Skip to main content
cara take over kpr

Cara Take Over KPR

Cara Take Over KPR. Secara sederhana, Take over KPR adalah proses memindahkan cicilan rumah dari satu bank ke bank lain.

 

Cara Take over KPR

Berbeda dengan proses Over Kredit KPR yang bertujuan untuk melanjutkan cicilan KPR orang lain, biasanya tujuan utama seseorang mengajukan take Over KPR biasanya dikarenakan ingin menurunkan cicilan KPR nya.

Alasan lain seseorang mengajukan take Over KPR adalah karena ingin memindahkan KPR konvensional menjadi KPR syariah atau sebaliknya.

Lalu bagaimanakah cara take over KPR ini?

Syarat Mengajukan KPR Take Over

Saat seseorang ingin mengajukan KPR take Over, artinya sebelumnya pernah mengajukan KPR. dan pernah melewati proses KPR nya.

Tentu saja berarti dia telah familier dengan persyaratan KPR beserta dokumen apa saja yang harus dipersiapkan agar pengajuan KPR nya bisa disetujui.

Baca Juga : Syarat KPR

Lantas apa hubungannya proses dan persyaratan KPR dengan proses take Over KPR? Hubungannya adalah, bahwa proses take Over KPR dengan KPR reguler memiliki persyaratan hampir sama.

Untuk menyegarkan ingatan, mari kita bahas

Langkah-langkah Mengajukan KPR Take Over

Agar proses take Over KPR lancar, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Tentukan bank. 

Banyak bank yang menawarkan fasilitas KPR Take Over dengan berbagai fasilitas dan promo yang ditawarkan.

Tentukan bank untuk take Over KPR ini. Pilihlah bank yang memberikan promo dan penawarkan terbaik serta suku bunga terendah.

Pelajari dengan detil syarat dan ketentuan penawaran tersebut. Seperti, apakah promo yang ditawarkan berlaku untuk semua pengembang atau tidak.

2. Hubungi Marketing bank.

Setelah menemukan bank yang tepat dan sesuai kebutuhan, Cari dan hubungi marketing bank yang bersangkutan.

Pastikan marketing yang mengurus proses KPR merupakan marketing yang responsif dengan pertanyaan dan mengerti kebutuhan Anda.

Konsultasikan mengenai take Over KPR yang ingin diajukan. Tanyakan dan konfirmasi mengenai promo, suku bunga yang ditawarkan di proses 1 diatas.

Jika dirasa belum menemukan bank yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, jangan ragu untuk mencari Bank uang tepat dan kembali lagi ke proses 1.

Ajukan Take Over KPR Online

Mudah, Ga Ribet!

Ajukan Sekarang

Untuk mempercepat proses pengajuan, Mohon isi semua data dibawah dengan benar



Memiliki Tunggakan kredit / Masalah BI Checking?
TidakYa

Hubungi Marketing

Sarah
087777 397418

3. Print Outstanding

Hubungi bank dimana saat ini Anda mencicil KPR. Tanyakan dimana bisa mencetak outstanding KPR Anda dan mintalah hasil print outstanding ke bank tersebut.

4. Persiapkan Dokumen

Persiapkan semua persyaratan & dokumen KPR yang dibutuhkan beserta outstanding hasil proses 3. Dokumen yang harus dipersiapkan Sama seperti proses KPR reguler dan bisa dilihat di halaman ini.

5. Kirimkan Dokumen

Hubungi marketing dan kirimkan dokumen2 diatas agar segera Diproses bank untuk dianalisa.

Beberapa marketing bank yang responsif akan mengambil dokumen-dokumen yang dibutuhkan tanpa harus dintar.

6. Appraisal

3 hari Setelah dokumen dikirim, Proses selanjutnya adalah Bank akan meng-appraisal rumah untuk menentukan nilai harga rumah dan berapa jumlah kredit yang bisa bank berikan.

Proses appraisal paling cepat dilakukan 3 hari setelah dokumen & persyaratan dilengkapi. Namun tidak setiap bank melakukan appraisal 3 hari setelah dokumen dikirim. Namun setiap bank biasanya memiliki waktu appraisal yang berbeda. Tergantung kepada validitas data dan kelengkapan dokumen yang dikirim.

7. Nilai Appraisal

Nilai appraisal biasanya keluar 5 hari setelah proses appraisal selesai.

8. Akad KPR.

Jika Anda menyetujui besar & jumlah KPR yang nilai appraisal yang ditawarkan Bank, maka proses terakhir adalah melaksanakan akad KPR di hadapan notaris dan perwakilan Bank yang bersangkutan.

Ajukan Take Over KPR Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *