Gadai BPKB Mobil

By: KPR Online0 comments

Gadai BPKB Mobil  • Proses Cepat • Simulasi • Pinjam Jaminan BPKB Mobil di Bank dengan Bunga Rendah dan Mandiri

Dibandingkan dengan sepeda motor, mobil tentunya lebih nyaman untuk diajak bepergian. Maka tak heran jika saat ini mobil telah menjadi kebutuhan pokok masyarakat, khususnya kalangan menengah atas. Selain nyaman digunakan, mobil juga mudah digunakan untuk mendapatkan pinjaman dana tunai. Tidak seperti gadai BPKB Motor, dengan gadai BPKB mobil, kamu sudah bisa mendapatkan pinjaman dengan jumlah yang besar. Namun semuanya tergantung pada ketentuan pihak pemberi jaminannya.

Pihak pembiayaan yang menjalankan bisnis tersebut seperti halnya bank, pegadaian, hingga koperasi. Pihak pemberi jaminan tersebut tentu saja mempunyai keunggulan dan kelemahan. Adapun salah satu keunggulan yang biasanya ditawarkan oleh pihak pemberi jaminan ialah memberikan kemudahan dalam hal persyaratan pengajuan pinjaman dengan jaminan BPKB mobil. Kemudahan persyaratan yang diperlukan untuk melakukan gadai BPKB mobil tentu saja sangat membantu masyarakat.

Gadai BPKB Mobil Online









TidakYa




Pengertian BPKP

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai gadai BPKB mobil, ada baiknya kamu mengetahui apa itu BPKB terlebih dahulu. BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) adalah buku yang dikeluarkan untuk digunakan sebagai bukti kepemilikan dari suatu kendaraan bermotor. BPKB ini diterbitkan oleh Satuan Lalu Lintas Polri. Dokumen penting ini bisa kamu jadikan sebagai jaminan. BPKB diberikan bersama dengan STNK serta Tanda Nomer Kendaraan Bermotor.

Dokumen yang berisi 10 halaman ini telah diperbarui oleh Satuan Lalu Lintas Polri menjadi BPKB baru. BPKB baru ini sulit untuk dipalsukan. Dalam BPKB baru terdapat berbagai perubahan yang tidak bisa kamu temui di BPKB lama. Nomor identitas (KTP) pemilik yang masih berlaku telah ada di dalam BPKB baru. Selain itu, dalam BPKB baru juga ada kolom pengisian pergantian nomor polisi untuk perihal balik nama pemilik atau mutasi yang dibatasi sampai 3 lembar. Apabila lembar habis, maka pemilik harus menggantinya dengan buku kepemilikan yang baru.

Syarat Gadai BPKB Mobil

Sebelum kamu melakukan pinjaman dana tunai dengan jaminan BPKB mobil, ada sejumlah persyaratan yang harus kamu penuhi. Adapun persyaratan umum gadai BPKB mobil tersebut yakni sebagai berikut.

  • Usia minimal 21 tahun dan usia maksimal 60 tahun atau sudah berkeluarga.
  • Bisa mobil buatan jepang / non jepang
  • Usia kendaraan maksimal 17 tahun

Dokumen yang diperlukan

Syarat lain yang harus dipenuhi oleh wiraswasta, profesional, serta perusahaan selain syarat umum diatas ialah sebagai berikut.

  • Fotokopi surat keterangan atau ijin usaha SIUP, TDP, NPWP, dan SPT tahunan.
  • Untuk wiraswasta, lengkapi dengan fotokopi tabungan selama 6 bulan terakhir ataupun rekening koran selama 3 bulan terakhir.
  • Bagi profesional, lengkapi bersama fotokopi izin praktek serta fotokopi tabungan selama 6 bulan terakhir atau rekening koran 3 bulan terakhir.
  • Bagi perusahaan, lengkapi dengan fotokopi Akta pendirian perusahaan serta perubahannya, fotokopi KTP direksi ataupun komisaris perusahaan, fotokopi SIUP, NPWP, TDP dan fotokopi tabungan selama 6 bulan terakhir ataupun rekening koran selama 3 bulan terakhir.

Ada berbagai alasan mengapa banyak orang memilih gadai BPKB mobil, salah satunya karena jumlah pinjaman yang dibutuhkan tidak terlalu besar apabila dibandingkan dengan jaminan sertifikat rumah atau tanah. Selain itu, gadai BPKB mobil relatif lebih mudah dan cepat diproses. Resiko dan angsuran pun tidak terlalu besar.

Ketentuan Gadai BPKB Mobil

Setelah semua persyaratan kamu penuhi, kamu bawa semua berkas yang dibutuhkan ke pihak pemberi jaminan. Pihak pemberi jaminan memberikan masa kredit (tenor) selama 6-48 bulan. Masa kredit yang ditawarkan tersebut bisa kamu sesuaikan dengan kesanggupan diri kamu sendiri. Pihak pemberi jaminan akan memberikan pencairan dana tunai setelah 2 hari kerja apabila semua syarat lengkap. Besarnya pencairan dana tunai tersebut mencapai 85% dari harga mobil yang kamu jadikan jaminan. Mengenai bunganya, pihak pemberi jaminan memberikan bunga sebesar 0.9% / bulan.

Keuntungan Memilih Gadai BPKB Mobil

Menggunakan BPKB mobil sebagai jaminan memang memberikan banyak keuntungan. Untuk mengetahui apa saja keuntungan memilih gadai BPKB mobil tersebut, kamu lihat saja ulasan berikut ini.

1. Proses cepat

Dengan menggunakan BPKB mobil, pihak pemberi jaminan akan melakukan proses pencairan dana lebih cepat. Dimana dana tunai yang kamu butuhkan bisa langsung cair hanya dalam waktu maksimal 2 hari saja setelah mendapatkan persetujuan. Dana tunai tersebut akan langsung dikirimkan ke rekening kamu. Bisa dikatakan, kamu dapat memperoleh pencairan dana dalam hitungan jam apabila menggunakan BPKB mobil sebagai jaminan gadai.

2. Lebih mudah

Keuntungan selanjutnya dengan menggunakan BPKB mobil sebagai jaminan ialah lebih mudah mendapatkan dana tunai. Persyaratan yang ditawarkan lebih mudah untuk dipenuhi. Selain itu, dokumen-dokumen yang dibutuhkan juga mudah disiapkan. Dengan begitu, pengajuan pinjaman bisa langsung diproses dan pencairan dana dapat dilakukan lebih cepat. Kamu pun bisa langsung mendapatkan dana tunai yang diutuhkan.

3. Plafond lebih besar

Dibandingkan dengan BPKB sepeda motor, BPKB mobil memiliki plafond yang lebih besar. Besarnya plafond yang akan kamu dapatkan memang tergantung pada barang yang digadaikan. Dimana semakin tinggi nilai barang yang kamu gadaikan, maka semakin besar pula jumlah pinjaman yang bisa kamu peroleh. Hal ini bisa dikatakan pula bahwa besarnya plafond dipengaruhi oleh harga mobil yang kamu jadikan jaminan. Dengan begitu, semakin mahal harga mobil, maka semakin tinggi kredit yang akan kamu dapatkan. Mengingat harga mobil yang memang cukup mahal, maka dana tunai pinjaman yang kamu terima bisa mencapai jumlah yang cukup besar pula. Segala keperluan bisa kamu penuhi hanya dengan gadai BPKB mobil.

4. Masa kredit fleksibel

Tak hanya bisa mendapatkan jumlah pinjaman yang besar, kamu juga bisa memiliki jangka waktu yang lama. Hal ini dikarenakan pihak pemberi jaminan menawarkan tenor selama 6 bulan hingga 4 tahun lamanya. Jangka waktu yang ditawarkan tersebut tentu saja sangat fleksibel menurut besarnya hitungan kemampuan kamu. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan dengan kemampuan membayarnya. Apabila hanya untuk keperluan tertentu yang sekiranya tidak membutuhkan dana yang banyak, maka gadai BPKB mobil ini terbilang lebih ringan resikonya. Kamu juga tidak perlu mengkhawatirkan jaminan BPKB yang telah diberikan. Pasalnya, jaminan tersebut akan tetap aman hingga kamu melunasi angsurannya.

5. Bunga relatif kecil

Ketika mengajukan pinjaman, pihak pemberi jaminan akan memberikan bunga yang harus kamu bayarkan ketika membayar cicilan pinjaman tiap bulannya. Namun kamu tidak perlu khawatir. Dengan menggunakan BPKB mobil sebagai jaminan, kamu tidak akan mendapatkan bunga yang besar. Kamu hanya akan mendapatkan bunga sebesar 0.9% tiap bulannya. Dengan bunga yang kecil tersebut, kamu pun masih bisa menggunakan mobil tersebut untuk menjalankan berbagai aktivitas sehari-harinya. Mengingat barang yang digadaikan ialah BPKB mobil saja, bukan mobilnya. Disamping itu, pada umumnya hanya STNK yang harus kamu sertakan dalam mobil, bukan BPKB apabila mobil kamu gunakan.

Tips dan Saran Gadai BPKB Mobil

Ada berbagai hal yang perlu untuk kamu perhatikan pada saat ingin melakukan pinjaman kredit dengan menggunakan BPKB mobil sebagai jaminannya. Pasalnya, ada banyak kasus penipuan yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu yang berniat untuk melakukan kejahatan terhadap kamu. Banyak surat penting yang seharusnya bisa kamu gunakan untuk hal lain, malah dipalsukan atau bertujuan untuk memeras kamu. Selain itu, kerugian lainnya apabila salah dalam memilih serta kurang teliti dalam melakukan peminjaman ialah penyitaan hingga pengambil alihan mobil karena BPKP mobil digunakan sebagai jaminan. Untuk menghindari hal buruk tersebut, sebaiknya kamu simak beberapa tips aman gadai BPKB mobil berikut ini.

  • Memilih pihak pemberi jaminan terpercaya

Kamu harus bisa kenali pihak pemberi jaminan yang terpercaya atau hanya bermaksud menipu saja. Dalam hal ini, kamu bisa lihat reputasi lembaga pemberi jaminan tersebut. Jika reputasinya baik, maka sudah bisa dipastikan bahwa pihak pemberi jaminan tersebut bisa dihandalkan. Selain itu, lembaga pemberi jaminan tersebut sudah sangat profesional dan berpengalaman dalam membantu kebutuhan kredit masyarakat.

  • Memenuhi persyaratan yang diajukan pihak pemberi jaminan

Kamu harus berupaya memenuhi semua syarat utama dalam mengajukan pinjaman dana tunai.

  • Memahami kesepakatan bersama

Pahami berapa banyak dana tunai yang bisa kamu pinjam. Hal ini tentunya juga tergantung pada kesepakatan antara kamu dan pihak pemberi jaminan.

  • Bayar secara rutin

Pastikan kamu sebagai pihak peminjam membayar cicilan tepat waktu tiap bulannya.

Related post

Leave A Comment