Gadai Sertifikat Rumah

By: KPR Online0 comments

Gadai Sertifikat Rumah, Gadai Sertifikat Rumah Di Pegadaian, BFI, BPR & Bank ,Dengan Proses Cepat Dan Rumah Bunga Rendah,Pinjam Uang Gadai Sertifikat Rumah,

Di era serba modern seperti sekarang ini, kebutuhan hidup tiap orang turut terpengaruh sehingga kian meninggi. Salah satu buktinya ialah tingginya harga kebutuhan pokok sehari-hari. Belum lagi kebutuhan membiayai anak sekolah dan lain sebagainya. Untuk mengatasi masalah tersebut, sebagian besar masyarakat memilih untuk mengajukan pinjaman dana tunai. Dalam hal ini, kamu harus memberikan aset sebagai jaminannya. Salah satu aset yang bisa kamu jadikan jaminan ialah sertifikat rumah. Gadai sertifikat rumah ini relatif mudah diterima.

Dengan gadai sertifikat rumah, kamu juga bisa memanfaatkan dananya untuk membuka usaha sendiri maupun mengembangkan usaha. Ada beragam keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan sertifikat rumah sebagai jaminannya. Keuntungan yang akan kamu dapatkan nantinya tidak bisa didapatkan dari jaminan BPKB motor ataupun mobil. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak info lengkap mengenai gadai sertifikat rumah berikut ini.

Baca Juga: Kredit Multi Guna

Ajukan Gadai Sertifikat Rumah Secara Online









TidakYa




Persyaratan Gadai Sertifikat Rumah

Untuk kamu yang ingin mengajukan pinjaman dengan menggunakan sertifikat rumah sebagai jaminan, kamu perlu penuhi persyaratan berikut ini.

  • Mempunyai pendapatan bulanan minimum Rp. 4 juta
  • Usia minimum 21 tahun dan usia maksimum 65 tahun
  • Warga negara Indonesia atau pemegang KITAS, pengusaha, karyawan, dan profesional

Dokumen yang diperlukan

  • FC KTP & KK
  • rekening koran
  • sertifikat rumah
  • IMB
  • PBB
  • NPWP
  • slip gaji

Setelah semua persyaratan dan dokumen telah kamu lengkapi, pihak pemberi jaminan akan segera melakukan prosesnya. Perlu untuk kamu ingat, semua pihak pemberi jaminan pasti memberlakukan denda jika kamu terlambat membayar angsuran tiap bulannya. Pada umumnya, biaya pinalti keterlambatan mencapai 1,5% dari angsuran bulanan. Sementara denda untuk biaya pelunasan diawal umumnya sebesar 1% dari sisa plafon kredit.

Keuntungan Gadai Sertifikat Rumah

Berikut kami bagikan beragam keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan gadai sertifikat rumah.

Proses Lebih Cepat

Dengan memilih gadai sertifikat rumah, kamu tidak akan dipusingkan dengan syarat-syarat yang ribet. Selain diberikan kemudahan dalam persyaratannya, kamu juga akan diberikan kemudahan dalam hal prosesnya. Melakukan pinjaman ke pegadaian memang lebih cepat diproses jika dibandingkan dengan melakukan pinjaman di bank. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan yang membuat banyak orang tertarik untuk melakukan pinjaman dana di pegadaian dibandingkan bank.

Lebih Mudah

Selain prosesnya yang lebih cepat, melakukan pinjaman dengan sertifikat rumah juga terbilang praktis. Hal ini dikarenakan, kamu tidak perlu lagi melampirkan surat-surat berharga yang nantinya akan kamu gunakan sebagai jaminan peminjaman. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah mendapatkan pinjaman dana tunai. Dana tunai yang kamu butuhkan pun bisa langsung cair setelah 6 hari kerja apabila semua syarat lengkap.

Nilai Taksiran Barang Lebih Tinggi

Dengan menggunakan sertifikat rumah, kamu bisa mendapatkan nilai taksiran yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jaminan lainnya. Apabila kamu mengajukan pinjaman ke bank ataupun pegadaian dengan menggunakan jaminan BPKB motor, kamu hanya akan mendapatkan nilai taksiran dibawah harga pasar. Jika harga motor yang kamu jadikan pinjaman senilai 9 juta, maka pihak pemberi pinjaman biasanya hanya akan meminjamkan dana tidak lebih dari 9 juta. Namun apabila kamu menggunakan sertifikat rumah, kamu bisa mengajukan pinjaman sesuai keinginan dan kebutuhan kamu. Hal ini tentu saja memberikan peluang kepada kamu untuk bisa mendapatkan dana pinjaman dengan nilai yang lebih banyak. Mengingat rumah atau tanah termasuk ke dalam kategori tinggi.

Meski begitu, pihak pemberi jaminan juga tidak mau rugi dengan memberikan sembarang pinjaman dana. Pemberi jaminan akan memeriksa serta memverifikasi rumah yang kamu gunakan sebagai jaminan. Pihak pemberi jaminan akan mencari info mengenai harga rumah maupun tanah di daerah tersebut. Pemberi jaminan akan mempertimbangkan potensi besarnya nilai pinjaman. Selain harganya, pihak pemberi jaminan juga akan mempertimbangkan lokasi rumah tersebut. Ada baiknya kamu menggunakan sertifikat rumah yang lokasinya strategis dan mudah diakses. Pencairan sertifikat rumah ini mencapai 60% dari nilai appraisal atau sebesar 80% dari NJOP.

Bunga Ringan

4. Bunga lebih ringan

Bunga yang ditawarkan pada jaminan sertifikat rumah juga lebih ringan dibandingkan bunga pinjaman jaminan lainnya. Adapun bunga yang ditawarkan mulai dari 0.9% / bulan. Oleh sebab itulah proses pembayaran pinjaman juga akan jauh lebih ringan. Kamu tidak akan merasa terbebani dengan besaran pembayarannya. Terlebih lagi, kamu bisa mendapatkan periode pembayaran atau masa kredit (tenor) antara 12 sampai 60 bulan.

Tahapan Gadai Sertifikat Rumah

Setelah mengetahui persyaratannya, kini saatnya kamu beralih ke tahapan mengajukan pinjaman dana tunai dengan sertifikat rumah.

  • Bawa berkas pengajuan ke bank ataupun pihak pemberi jaminan lainnya

Setelah memastikan semua dokumen lengkap, selanjutnya kamu bawa berkas pengajuan tersebut ke bank yang kamu tuju. Ada baiknya kamu memilih bank yang menawarkan suku bunga rendah. Kemudian prioritaskan bank yang telah berpengalaman dan mempunyai kredibilitas tinggi.

  • Minta penjelasan mengenai berbagai produk kredit yang ditawarkan

Supaya kamu tidak salah mengambil keputusan, ada baiknya kamu meminta pihak pemberi jaminan untuk menjelaskan mengenai berbagai produk kredit yang ditawarkannya. Jangan sampai kamu kecewa pada saat plafon cicilan telah berjalan. Apabila kamu sudah yakin, kami bisa langsung isi formulir aplikasi yang telah diberikan oleh pihak pemberi jaminan.

  • Menunggu jadwal verifikasi dan survey

Apabila proses administrasi telah selesai, kini saatnya kamu menunggu jadwal verifikasi serta survey rumah yang dilakukan pihak pemberi jaminan. Permohonan kredit yang kamu ajukan bisa disetujui atau tidak tergantung kebijakan bank yang tidak bisa diganggu gugat.

Penyebab Kegagalan Gadai Sertifikat Rumah

Berikut ini adalah beberapa penyebab gadai sertifikat rumah tidak diterima.

1. Kawasan banjir

Rumah yang berlokasi di kawasan banjir sulit untuk mendapatkan pinjaman dana. Rumah yang dikategorikan masuk ke dalam kawasan banjir ialah rumah yang selalu tergenang air saat hujan deras mengguyur. Kawasan rumah terendam air dengan ketinggian sekitar 60cm hingga 3m. Hal inilah yang menyebabkan nilai dari rumah tersebut turun.

2. Berdekatan dengan sutet

Rumah yang berlokasi dekat dengan sutet (Sambungan Extra Tegangan Tinggi) memiliki resiko tinggi ditolak sebagai jaminan. Hal ini dikarenakan menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan serta keselamatan penghuni rumahnya. Pada saat kamu mengajukan pinjaman dengan jaminan rumah yang dekat dengan sutet, sebagian besar pihak pemberi jaminan tidak akan memberi pinjamannya.

3. Dekat pemakaman

Sebagian besar orang menganggap bahwa rumah yang berlokasi dekat dengan makam memiliki nilai ekonomi yang rendah. Terlebih lagi, suasana rumah yang dekat makam tentunya sangat mencekam. Tak hanya mencekam, banyak orang yang juga memiliki anggapan bahwa sanitasi rumah yang dekat dengan makam dapat tercemar dikarenakan proses pembusukan jasad yang dimakamkan, khususnya pada air sumurnya. Hal inilah yang membuat banyak orang enggan tinggal di rumah yang dekat pemakaman. Untuk itu, pastikan bahwa rumah yang kamu jadikan jaminan memiliki jarak sekitar 5 meter dari makam.

4. Posisi tusuk sate

Rumah yang berlokasi pada posisi tusuk sate juga memiliki peluang besar untuk ditolak sebagai jaminan. Posisi tusuk sate merupakan posisi dimana rumah terletak pada titik temu (tengah pertigaan). Banyak orang yang menganggap bahwa rumah yang terletak di tengah pertigaan terbilang rawan terjadi kecelakaan. Apabila sampai ada peristiwa kecelakaan yang melibatkan rumah tersebut, maka pihak pemberi jaminan akan merugi karena perlu melakukan perbaikan. Disamping itu, banyak juga orang yang percaya mitos bahwa orang yang tinggal di dalam rumah dengan posisi tusuk sate akan selalu mendapatkan kesialan.

5. Banyak fasilitas rumah yang sudah rusak

Sebelum rumah kamu jadikan jaminan, ada baiknya kamu perhatikan fasilitas yang ada di dalamnya. Pastikan bahwa fasilitas rumah kamu masih berfungsi dan layak digunakan. Pasalnya, pihak pemberi jaminan tidak akan menerima gadai rumah yang fasilitas di dalamnya sudah rusak. Pihak pemberi jaminan tidak mau mengambil resiko menerima rumah dengan fasilitas tak layak pakai.

6. Rumah helikopter

Rumah helikopter merupakan rumah yang berlokasi di gang sempit. Lokasi menuju rumah tersebut sulit untuk dijangkau. Dibutuhkan perjuangan super ekstra untuk bisa sampai ke rumah tersebut. Sulitnya rumah untuk diakses menjadi salah satu penyebab lain ditolaknya pengajuan gadai sertifikat rumah. Maka dari itu, pilihlah rumah yang lokasinya strategis sebagai jaminan.

Related post

Leave A Comment