Skip to main content
meikarta city

Meikarta City, Apartemen Meikarta Cikarang dan Proses Perizinanya

Meikarta City. Semakin berkembangnya zaman ke arah yang lebih modern, menjadikan sektor properti terus berbenah agar lebih maksimal. tidak heran, sejak 10 tahun terakhir, sektor properti di berbagai kota besar di Indonesia menunjukan hasil karyanya yang begitu diminati oleh masyarakat kelas menengah. pemikiran masyarakat modern, yang juga mulai menginginkan hunian yang lebih terkonsep dan modern, seolah menjadi begitu cocok dengan sektor properti yang tersedia saat ini.

pembangunan sektor properti dilakukan oleh para Developer terkemuka yang memiliki track record yang terpercaya. para developer ini seperti berlomba untuk membangun konsep hunian favorit masyarakat, dengan harga yang bersaing. sebut saja developer ternama sekelas ASG (Agung Sedayu Group) yang berhasil menelurkan hasil karya terbesarnya  seperti proyek properti Pantai Indah Kapuk di wilayah Jakarta. kemudian, ada APG (Agung Podomoro Group) yang juga berhasil membangun beberapa proyek propertinya di wilayah Jakarta dan Bandung.

Tidak mau kalah dengan para pengembang sebelumnya, kini akan segera hadir mega proyek bertajuk Meikarta City atau  disebut Meikarta Lippo Cikarang. Meikarta adalah proyek properti yang digagas oleh Lippo Group yang akan menghabiskan dana hingga 278 Triliun. proyek ini kabarnya akan dibangun di wilayah Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. area yang diperlukan untuk proyek pembangunan Meikarta ini kabarnya seluas 500 hektar. Meikarta Cikarang ini memiliki motto ” Indonesian Biggest and Most Beautiful City for Better Living and Working”.  

 

Apa Itu Meikarta City?

Baru baru ini, Meikarta City atau  Meikarta Cikarang mendapat banyak sorotan dari publik pecinta properti. pasalnya kontroversi terkait perizinan yang belum dimiliki oleh pengembang Meikarta tersebut, menjadi hal yang menarik untuk diperbincangkan. Mega Proyek Lippo Meikarta ini kabarnya sudah menjual produk propertinya dan berhasil mendapatkan cukup banyak konsumen. proyek properti ini memang berhasil menghadirkan promosi yang baik, terutama untuk masyarakat kelas menengah.

Konsep Meikarta ini sendiri boleh dibilang cukup unik dan menuju sempurna, untuk sekelas proyek properti yang pernah ada sebelumnya. Kita melihat nama dari proyek properti itu sendiri “Meikarta” yang sepertinya memiliki akhiran yang sama dengan “Jakarta”.  Bisa dibilang, Meikarta adalah sebuah kota baru yang sedang dirancang di wilayah timur Cikarang. Bedanya, Jakarta sudah lama ada dalam cerita sejarah Indonesia, namun nama Meikarta, hanya terinspirasi dari nama sang ibu CEO Lippo Group, James Riady. sang ibu yang bernama “Mei” akhirnya dipilih untuk menamai mega proyek di wilayah Cikarang ini.

Tujuan dibangunya mega proyek Meikarta City ini adalah agar dapat bersaing dengan properti sejenis lainya, yang berada  di kawasan Asia Tenggara. Proyek Meikarta ini memang tampil dengan maksimal. rancangan kota Meikarta ini dibuat oleh konsultan arsitektur yang berbasis di Singapura. Konsultan yang bernama Internasional DP Architects ini memang terbukti berhasil menangani proyek properti besar.

Meikarta adalah kota baru yang hadir di wilayah timur Cikarang, dengan menghadirkan berbagai fasilitas properti lengkap dan terintegrasi. Meikarta juga merupakan salah satu upaya para pengusaha nasional Indonesia, dalam bidang properti. Mereka ingin menghadirkan properti kelas Internasional di Indonesia, yang nantinya mampu bersaing dengan kota-kota maju lainya di kawasan Asia Tenggara.

pada saat acara launching mega proyek Meikarta Lippo Group ini diresmikan,  orang-orang ternama yang juga mantan menteri ikut serta dalam acara launching tersebut, di Jakarta, sekitar bulan mei 2017 lalu. mereka adalah Bapak Agum Gumelar yang merupakan komisaris dari Lippo Group dan merupakan mantan menteri perhubungan, kemudian CEO Lippo Group Bapak James Riady, serta CEO Meikarta Ketut Budi Wijaya dan beberapa tokoh penting lainya. mereka sangat mendukung pembangunan mega proyek di wilayah Cikarang ini, dengan  tujuan menghadirkan “Jakarta Baru” yang lebih berstandar Internasional.

 

Lokasi Meikarta City

Seperti sudah disinggung diatas, Meikarta Lippo Cikarang ini merupakan mega proyek properti berstandar internasional, yang rencananya akan dibangun di lokasi  timur Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Kabarnya, area seluas 500 hektar bahkan sudah disiapkan untuk ekspansi pembangunan properti Meikarta City ini. Nantinya, kota Meikarta ini akan hadir selayaknya sebuah kota, yang memiliki berbagai fasilitas properti yang lengkap. Mulai dari perumahan untuk kelas menengah, gedung pencakar langit, Bandara Internasional, Rute Kereta cepat dan lain sebagainya. lokasi Meikarta City ini tepatnya berada di depan Gerbang Tol Cibatu Km 34. lokasi ini bisa dibilang sangat strategis karena bisa diakses dari beberapa arah tol dengan mudah.

 

Produk Meikarta Lippo Cikarang

Dari sejak acara launching hingga saat ini, proyek Meikarta sudah memperlihatkan progress yang baik. melihat dari review produk properti yang dilakukan situs jualhabis.com, proyek Meikarta ini sepertinya akan lebih fokus  untuk menawarkan produk hunian modern seperti Apartemen dan perumahan. Proyek Meikarta ini akan lebih gencar melakukan marketing untuk menawarkan Apartemen Meikarta Cikarang dengan harga yang murah, dan belum ada pengembang yang bisa menyaingi harga tersebut sekarang ini.

Dalam proses pembangunanya, yang telah dimulai sejak bulan mei tahun 2017 lalu, Kota Meikarta melakukan pembangunan terlebih dulu. kemudian beberapa unit yang telah jadi akan ditawarkan dan dijual. Proyek Meikarta tentunya memiliki strategi yang jitu untuk beriklan dan berpromosi mengenai produknya. Meikarta Lippo Group melakukan test pasar untuk mengetahui sejauh mana minat konsumen terhadap produk propertinya. Alhasil, hingga saat ini ada sekitar 20.000 konsumen yang sudah memesan Apartemen Meikarta Lippo Cikarang ini.

 

Pengembang Proyek Meikarta

Sejauh pembahasan mengenai proyek Meikarta ini, kita melihat nama Lippo Group begitu lekat dengan mega proyek ini. Lippo Group merupakan perusahaan besar yang telah didirikan oleh Mochtar Riady, yang tidak lain adalah Ayah dari CEO Lippo Group saat ini, James Riady. Lippo Group awalnya bergerak di bidang perbankan. Namun, setelah melakukan merger, Lippo Bank telah berubah nama menjadi bank CIMB Niaga.

Cikal bakal Lippo Group adalah Lippo Bank, salah satu anak perusahaan dari Lippo group yang terkenal dan bisa dibilang berhasil adalah PT Lippo Karawaci Tbk yang sukses dalam bidang properti. Beberapa proyek properti terkenal yang telah dibangun seperti Lippo Village, Lippo Cikarang, San Diego Hills Memorial Park dan Tanjung Bunga. Selain itu, beberapa proyek properti lainya seperti Kemang Village, Rumah sakit Siloam, Park View Apartements dan masih banyak lagi, juga merupakan proyek dari Lippo  Karawaci.

Tidak puas dengan semua jenis properti yang telah dibangun di Jakarta, Lippo Group ini  mulai melirik kawasan industry Cikarang untuk pembangunan mega proyek terbarunya, yaitu Meikarta City. Dengan melakukan strategi kerja sama ke beberapa pihak penting, seperti dengan Developer terkemuka, perusahaan asing dan juga beberapa kontraktor, konsep Meikarta yang merupakan “Jakarta Baru” ini bisa terealisasi dengan cukup mudah.

 

Harga Apartemen Meikarta Lippo Cikarang

Proyek Meikarta hingga saat ini pembangunanya masih terus berjalan. jika kita melintasi kawasan Cikarang tersebut, kita akan melihat crane besar dan para pekerja sedang membangun unit Apartemen Meikarta Lippo Cikarang. produk utama yang sedang dipasarkan, untuk saat ini memang unit Apartemen. berbicara mengenai harga Meikarta, seperti kita ketahui bahwa untuk penjualan Apartemen saja, Meikarta memberikan harga yang cukup terjangkau untuk kalangan menengah.

Meikarta menawarkan harga Apartemenya di kisaran Rp. 12,5 juta / meter persegi. harga tersebut memang lebih murah dibandingkan harga Apartemen lainya yang berada di kawasan Bekasi dan Cikarang. harga jual tersebut juga  sudah termasuk ppn 10%. Anda bisa bandingkan harga  Apartemen di kawasan lainya, mencapai Rp. 18 – 20 jutaan/meter persegi. pihak pengembang Lippo Cikarang kabarnya sudah memberikan diskon hingga 50%, dari harga pasar. harga Meikarta memang jauh lebih murah. untuk satu unit Apartemenya, dibanderol seharga Rp. 200 jutaan.

 

Dp Apartemen Meikarta Cikarang

Jika Anda ingin membeli Apartemen Lippo Cikarang secara kredit, tersedia tenor waktu hingga 25 tahun, dengan tingkat suku bunga mencapai 8.25%.  Anda hanya tinggal menyiapkan uang sejumlah Rp. 2 juta rupiah sebagai booking fee lalu membayar uang muka atau down payment sebesar 10- 20%. menurut CEO Lippo Group, James Riady, masyarakat menengah tentu sangat bisa memiliki kesempatan untuk membeli unit Apartemen Meikarta Cikarang Lippo.

Jika diilustrasikan,  orang yang berpenghasilan UMR sebanyak 3 orang, ingin membeli satu unit Apartemen Meikarta, maka per orangnya hanya tinggal membayar Rp. 600.000 / bulan, dengan membayar Dp sebesar 10%. hal ini tentunya akan sangat diminati masyarakat kelas menengah ke bawah sekalipun. Meikarta City tentunya akan menjadi Solusi bagi masyarakat, khususnya lapisan menengah untuk bisa mendapatkan hunian favorit, modern dan berstandar internasional, di Indonesia.

 

Proses Perizinan Meikarta City

Dalam hal pembangunan properti di beberapa kawasan di Indonesia, tentunya tidak lupa untuk melibatkan peran pemerintah, sebagai pemberi kebijakan hukum terkait pembangunan di sektor properti Indonesia. Idealnya, pembangunan properti di kawasan tertentu harus memenuhi beberapa persyaratan  yang diberikan pemerintah,  agar proses pembangunan lancar tanpa hambatan apapun.

Dalam dunia properti Indonesia saat ini, dikenal istilah “pengembang naga”. Para pengembang ini adalah yang tertinggi dibanding pengembang lainya, karena telah terbukti menciptakan banyak karya properti untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam bidang properti, di Indonesia. Salah satu dari para pengembang ini adalah Lippo Group. Adapun pengembang naga lainya, yang cukup kita kenal seperti Agung Sedayu Group dan Agung Podomoro Group.

Para pengembang ini memang terdiri dari pengusaha properti yang ternyata lebih “cekatan” dibandingkan pemerintah itu sendiri, dalam bidang pembangunan properti dan infrastruktur publik.  tahukah Anda, ruang lingkup properti di Indonesia juga diatur dalam ketentuan hukum. Seperti dalam UUD 1945 pasal 28 H, UU Nomor 1 tahun 2011, tentang perumahan dan kawasan permukiman dan juga kawasan siap bangun (kasiba).

Lahan-lahan kosong yang masih cukup luas di beberapa wilayah timur Cikarang ini, seharusnya bisa dimanfaatkan pemerintah untuk membangun infrastruktur public yang penting. Namun, kenyataanya para pengembang dari pihak pemerintah, seperti Perumnas dan BUMN properti lainya, seperti menghilang dari peredaran, seingga kawasan seperti ini langsung dimanfaatkan oleh para pengembang naga, untuk mewujudkan kota impian mereka, seperti Meikarta City.

Mungkin karena hal itu juga, hingga saat ini, Meikarta Lippo Cikarang belum mendapatkan izin resmi dari pemerintah, khususnya pemerintah Jawa Barat. Belakangan, issue soal perizinan ini malah terkesan “memanas” di kedua pihak. Pihak Lippo group menyatakan bahwa, mereka telah mengirim perwakilanya untuk menghadap pemerintah, dengan mendatangi kantor Gubernur Jawa Barat. Kabarnya, pihak pemerintah juga mendukung penuh atas pembangunan mega Proyek Meikarta City ini.

Berbeda dengan tanggapan dari pihak perwakilan  Gubernur Jawa Barat, Dedy Mizwar menyatakan bahwa Lippo Group telah melakukan pelanggaran dalam bisnis properti tersebut. hal ini dibuktikan dengan terjualnya beberapa unit Apartemen Meikarta Lippo Cikarang, kepada hampir 20.000 konsumen. Menurutnya, jika belum ada izin, maka hal ini bisa merugikan pihak konsumen yang sudah terlanjur memesan produk Meikarta saat ini.

Harapan konsumen yang sudah memesan unit Apartemen di Meikarta City ini tentunya cukup sederhana, segera selesaikan perizinan Proyek Meikarta dengan Pemerintah Jawa Barat, agar bisa lebih tenang dalam hal kepemilikan properti di kawasan Cikarang tersebut. Kota Meikarta tentunya menjadi harapan para konsumen agar bisa menjalani kehidupan yang lebih baik.

 

Download Brosur Meikarta

Untuk spesifikasi lebih detail mengenai Meikarta City, bisa di download melalui link berikut:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *