Skip to main content
over kredit rumah

Over Kredit Rumah? Ini Untung dan Ruginya

Over Kredit Rumah? Pahami Dulu Untung dan Ruginya

Cara yang bisa ditempuh untuk memiliki rumah di zaman sekarang ini, salah satunya melalui Over Kredit rumah. Over Kredit biasanya dipilih oleh sebagian orang karena ingin segera memiliki rumah yang mereka impikan. Namun, kebanyakan dari mereka rupanya belum memahami seluk beluk mengenai Over Kredit rumah secara menyeluruh. Sebab itu, tidak sedikit dari mereka yang akhirnya terkendala masalah kepemilikan rumah, hanya karena Over Kreditnya belum memenuhi prosedur.

Perlu diketahui, bahwa dalam melakukan Over Kredit Rumah, ternyata ada untung dan rugi yang akan dialami. Hal ini karena Over Kredit berkaitan dengan cicilan rumah terkait. Dampaknya, sebagai pengambil alih kredit, anda bisa saja terlalu memaksakan diri untuk tagihan cicilan yang ada, bahkan hingga mengalami gagal kredit. Disamping itu, pelaku Over kredit juga harus menjual rumahnya, karena tidak bisa melunasi cicilan rumah terkait.

Apa saja Untung dan Rugi yang bisa terjadi saat dilakukan Over Kredit, berikut ulasanya :

1. Gagal Membayar Cicilan Rumah, Over Kredit Solusinya

Over kredit memang dilakukan oleh orang yang ternyata tidak mampu melunasi cicilan rumah yang sedang ditempati, oleh sebab itu orang tersebut akhirnya melakukan Over kredit dengan menjual rumahnya kepada orang baru. Sebaiknya over kredit tersebut dilakukan atas sepengetahuan dari Pihak Bank terkait. Ini akan menguntungkan anda sebab dokumen pengambil alihan akan lengkap dan resmi, serta terjamin. hindari transaksi Over Kredit yang hanya menggunakan Kuitansi saja.

Sementara, jika anda melakukan Over Kredit tanpa sepengetahuan pihak Bank terkait, dimana proses kredit masih berjalan, namun sudah dialihkan kepada debitur lain, hal ini bisa saja dilakukan, namun tidak ada jaminan keamanan yang anda dapat mengenai dokumen-dokumen penting rumah tersebut, bila kelak terjadi sengketa.

2. Over Kredit Rumah Dengan Pihak Perbankan

Seperti di ulas sebelumnya, salah satu keuntungan dari Over Kredit melalui Pihak Bank adalah terjaminya Dokumen penting mengenai rumah yang dijual tersebut. anda yang sudah mengambil alih Kredit, bisa mendapatkan sertifikat rumah yang pastinya sudah dibalik nama menjadi nama pembeli yang baru. Dengan begitu, pihak pembeli atau Debitur baru ini kemudian sudah bisa mulai membayar angsuran rumah tersebut.

Walaupun begitu, ternyata kita juga bisa mengalami kerugian, seperti proses pengajuan anda (pembeli) atau debitur yang cukup rumit, dikenakan biaya yang lebih mahal. Tidak sedikit juga pembeli atau debitur baru yang mengalami penolakan dari Bank, sehingga ia belum bisa memiliki rumah tersebut. selain itu, faktor biaya juga bisa lebih mahal dibandingkan ketentuan Bank itu sendiri.

3. Konversi Hak dan Tanah di Depan Notaris

Ternyata Over Kredit kepemilikan rumah juga bisa dilakukan melalui Notaris. Adapun keuntungan yang bisa didapat adalah anda bisa melakukan pengalihan hak atas tanah, di depan ketua notaris. Untuk prosesnya, cukup aman, mudah serta minim biaya.

Adapaun keurgianya adalah seperti Sertifikat rumah yang masih menggunakan nama penjual masih berada di Bank, sementara pembeli rumah harus tetap mengangsur cicilan atas nama penjual rumah awal. Belum lagi jika proses Over Kredit ini diketahui oleh pihak Bank, pihak pembeli baru nantinya bisa saja melunasi cicilan dan mengambil sertifikat di Bank sebagai pemilik jaminanya.

Hindari Kerugian Dengan Mengikuti Prosedur Yang Seharusnya

Hindari kerugian dalam melakukan Over Kredit kepemilikan rumah dengan selalu mengikuti prosedur yang seharusnya. Dengan begitu proses Over Kredit Rumah akan berjalan sesuai harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *