Pengertian Bunga Cap

By: opik0740 comments

Suku bunga Cap (Caped) adalah metode perhitungan bunga yang nilai cicilan nya berububah-ubah selama periode kredit. Suku bunga cap ini hampir mirip dengan suku bunga floating. Perbedaanya adalah pada suku bunga cap, nilai maksimum dan jangka waktu kredit akan dibatasi.

Contoh perhitungan bunga cap adalah misalnya Anda KPR Rumah dengan bunga cap 10% selama 3 tahun. Artinya, selama anda mencicil dalam 3 tahun, suku bunga bisa saja turun ataupun naik. Tetapi jika ada kenaikan, maka kenaikan tersebut tidak akan melebihi 10%.

Kelebihan Bunga Cap

Lantas apa kelebihan dari bunga cap? Kelebihan dari bunga cap adalah biasanya bunga yang rendah dan jauh dari bunga bank yang berlaku di pasaran.

Kelemahan Bunga Cap

Sedangkan yang menjadi kekurangan bunga Cap adalah jangka waktu kredit yang singkat dan pendek. Bank yang menggunakan bunga Cap biasanya hanya memberikan jangka waktu kredit selama 1 tahun, 3 tahun dan paling lama maksimal 5 tahun.

Karena jangka waktu kredit yang singkat itu, maka dapat dipastikan bahwa jumlah cicilan pun akan sangat besar setiap bulannya.

Related post

Leave A Comment