Gagal BI Checking Saat Pengajuan KPR? Ini penyebabnya

By: opik0740 comments

Gagal BI Checking akan mengakibatkan ditolaknya pengajuan KPR Anda. Ketahui penyebab gagalnya BI Checking berikut, agar Pengajuan KPR Anda berjalan lancar

1. Gagal BI Checking Karena Tunggakan Kredit Motor/Mobil

Inilah yang seringkali mengakibatkan gagalnya proses BI checking, yaitu adanya tunggakan kredit mobil / motor. Untuk menghindarinya, pastikan Anda membayar angsuran kendaraan tepat waktu. Jangan sekali-kali memiliki prinsip “nanti saya bayarnya sekalian 3 bulan”.

2. Karena Tunggakan Kartu Kredit

Kartu kredit memang sangat berguna jika dimanfaatkan dengan baik. Namun jangan sampai penggunaannya mengakibatkan Anda mendapatkan predikat buruk dari Bank Indonesia.

Karenanya bijaksanalah dalam menggunakannya. Bayarlah tagihan tepat waktu, agar riwayat kredit anda tetap bagus dan proses KPR Anda tetap lancar.

3. Kredit Lancar, Tapi….

Kredit Anda lancar dan tidak ada tunggakan, tapi KPR Anda ditolak karena BI checking nya buruk?

Bisa jadi karena data Anda dipinjam sodara atau teman untuk kredit motor, mobil atau rumah. Kemudian, teman atau sodara Anda tersebut telat atau menunggak cicilannya. Hal ini bisa jadi penyebabnya.

Jadi, jangan sekali-kali meminjamkan data Anda kepada sodara, terlebih orang lain. Karena jika pembayaran kredit mereka bermasalah, maka nama baik Anda di mata BI lah yang akan jelek

Related post

Leave A Comment